Seminar dan Workshop “Masak MPASI Yuk!” RS Permata Bekasi

Ditulis oleh : dr. Aini, CIMI & dr. Vindita Tamara

Bayi membutuhkan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) tepat di usia 6 bulan dengan terus memberikan Air Susu Ibu (ASI) dimana sejak bayi lahir diberikan secara eksklusif hingga berusia 6 bulan. Mengoptimalkan kebutuhan gizi pada bayi sangatlah penting di 1000 hari kehidupan yaitu sejak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun. Dengan asupan gizi yang baik, anak diharapkan dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai usianya. Sangatlah penting bagi orang tua, pengasuh dan juga tenaga kesehatan, untuk menggali ilmu mengenai pemberian MP-ASI yang baik dan bergizi untuk bayi.

Banyak orang tua maupun tenaga kesehatan yang belum teredukasi dengan baik mengenai cara mempersiapkan MPASI yang baik serta kewalahan menghadapi bayi yang sedang GTM (Gerakan Tutup Mulut). Dalam upaya menjawab permasalahan tersebut serta menambah wawasan tentang manfaat pemberian makanan pendamping ASI yang baik dan benar sesuai dengan anjuran WHO (World Health Organization/Badan Kesehatan Internasional) dan prinsip 4 bintang, maka pada hari Minggu, 3 Maret 2024, Praborini Lactation Team yang didukung oleh RS Permata Bekasi mengadakan Seminar dan Workshop “Masak MPASI Yuk!” yang bertempat di lantai 1 gedung B RS Permata Bekasi, Mustika Jaya, Kota Bekasi.

Acara yang dipandu oleh drg. Indah Lailatul Azizah ini dihadiri oleh 77 peserta dari 85 peserta terdaftar yang berasal dari berbagai profesi. Peserta tak hanya ibu rumah tangga beserta ayah, nenek, atau pengasuh namun, ada juga dokter umum, dokter gigi dan bidan serta tenaga kesehatan lainnya yang ikut bergabung dalam acara ini.

Kegiatan seminar diawali dengan sambutan dari pihak RS Permata Bekasi oleh dr. Fuady Salmy, MARS dan dari para sponsor yang ikut berpartisipasi. Dilanjutkan dengan sambutan ketua tim laktasi RS Permata Bekasi, dr. Ayidilla Septarini, SpA., IBCLC lalu pendiri Praborini Lactation Team yaitu, dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC, FABM, kemudian pemaparan materi MPASI yang baik menurut WHO oleh dr. Ackni Hartati, Sp.A., M. Kes.

BANNER 728 x 90

Acara ini berjalan dengan konsep yang sangat menarik yaitu, ada sesi foto Bersama peserta dengan para memberi sambutan, pembicara dan fasilitator acara, pre test, sesi tanya jawab kemudian peserta dibagi menjadi lima kelompok dan melanjutkan kegiatan workshop masak MPASI bersama para fasilitator dari Praborini Lactation Team, post test, pembagian door prize dan hadiah bagi peserta terbaik, testimoni di Instagram terbaik lalu boleh lanjut menghabiskan hasil masakan yang tersedia. Semua peserta juga mendapatkan goodie bag menarik dari para sponsor dan RS Permata Bekasi.

Para peserta yang hadir mengatakan, acara ini sangat bermanfaat untuk umum maupun untuk mereka yang bekerja di bidang kesehatan. Di era digital saat ini infomasi di internet maupun sosial media banyak yang tidak sesuai dengan prinsip MP-ASI WHO dan prinsip 4 bintang. Akibatnya, setelah memasuki usia MP-ASI, bayi terlihat kurus dan bahkan mengalami stunting karna mendapatkan MP-ASI yang tidak optimal. Para fasilitator memasak yang terdiri dari: Ibu Meyta Winduka, AMG, dr. Irma Suryani, dr. Ina Ratna Pertiwi, dr. Wilda, dr. Vindita Tamara dan dibantu oleh dr. Krisna Dewi, dr. Ranni dan dr. Chyndita Arti Pranesya juga dinilai membawakan kegiatan memasak MPASI bersama ini dengan menarik dan resep serta hasil masakan yang diminati oleh para bayi. Para bayi yang hadir terlihat lahap menghabiskan hasil masakan di acara ini. Beberapa orangtua pun ada yang membawa pulang hasil masakan untuk diberikan ke bayinya pada sesi makan berikutnya.

Yuk! Kita lihat keseruan acaranya..

Leave a Reply

Your email address will not be published.