LAPORAN KEGIATAN LOMBA POSTER pada acara WWA XI di Hotel Grand Dafam Rohan, Yogjakarta, 28-29 Februari 2020

Oleh dr. Hani Purnamasari, Msi.Med Sp.A dan dr. Tanty Riyanti

Menyusui erat kaitannya dengan masalah nutrisi pada anak, dan masih menjadi masalah nasional saat ini yang harus ditatalaksana secara komprehensif oleh semua pihak terkait. Tim Laktasi RSSH, terdiri dari beberapa dokter umum, dokter gigi serta dokter anak telah bekerja menangani masalah nutrisi yang berkaitan dengan adanya masalah menyusu pada pasangan ibu-bayi secara komprehensif. Beberapa kasus-kasus yang ditemukan, belum didapatkan pedoman tatalaksana secara nasional yang dapat diaplikasikan secara mudah dalam praktek klinis sehari-hari. Sedangkan pelaksanaan pedoman tatalaksana yang diadopsi dari negara lain, terkadang terbentur beberapa kendala dalam aplikasinya di Indonesia. Keberhasilan tata laksana kasus induksi laktasi di RSSH dirasakan perlu untuk dilaporkan /dipublikasikan pada suatu kegiatan ilmiah yang diadakan oleh pihak terkait.
Oleh karena itu, dirasakan perlunya penulisan laporan kasus pada acara Winaya Waidya Anarawata XI (WWA XI) tahun 2020, dimana kegiatan ini mengangkat tema PROBLEMATIKA NUTRISI DALAM PRAKTEK ILMU KESEHATAN ANAK. Kegiatan ini diadakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang DIY bekerjasama dengan Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK-KMK UGM secara rutin berupa kegiatan Ilmiah Continuing Professional Development (CPD) untuk dokter spesialis anak dan dokter umum seluruh Indonesia, khususnya dokter anak DIY dan sekitarnya.
Acara WWA XI tersebut, terdiri dari : WORKSHOP yang diadakan pada hari pertama (Jumat, 28 Februari 2020) dan simposium pada hari kedua (Sabtu, 29 Februari 2020)

Pada hari kedua, diadakan pula lomba Presentasi Poster, dan dilakukan pada pukul 9.00-10.00 wib. Kegiatan ini diikuti 23 peserta yang mempresentasikan Laporan kasus serta 1 peserta membawakan literature review. Penilaian dilakukan oleh 6 orang juri yang terbagi menjadi dua group agar tercukupi waktu @5menit/poster.

 

Dr. Tanty Riyanti mempresentasikan poster Kasus induksi laktasi untuk menyusui bayi adopsi secara langsung, hanya dengan waktu 5 menit yang telah ditentukan panitia termasuk tanya jawab, tampak juri antusias dan masih ingin bertanya namun dikarenakan waktu sangat terbatas tidak tersampaikan.

Menurut salah seorang panitia, poster ini terpilih menjadi poster terbaik oleh karena mendapat nilai tertinggi untuk orisinalitas kasus yang dilaporkan dan dinilai applicable untuk dapat diterapkan di masa sekarang, dimana era meyusui semakin menjadi trend & dalam prakteknya belum ada alur protokol yang menjadi referensi di Indonesia. Poster pun paling sesuai dengan tema Acara WWA XI, PROBLEMATIKA NUTRISI DALAM PRAKTEK ILMU KESEHATAN ANAK.
Dr. Hani Purnamasari Sp.A Msi.Med dan Dr. Tanty Riyanti merupakan bagian dari TIM Laktasi di RS Syarif Hidayatullah, Kota Tangerang Selatan, Banten. Kami pun bagian dari PRABORINI LACTATION TEAM. Kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri dalam membawakan laporan kasus ini, semoga semakin banyak para dokter anak dan lembaga institusi lain yang bisa menerimanya.

BANNER 728 x 90

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.