Annual Meeting of Academy of Breastfeeding Medicine

Oleh dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC

Pada tanggal 14 – 17 November 2018 Praborini Lactation Team menghadiri Annual Meeting of Academy Breastfeeding Medicine yang bertempat di Intercontinental Mark Hopkins Hotel, San Fransisco, Amerika Serikat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Academy of Breastfeeding Medicine ini diadakan setiap tahun dan mengundang seluruh anggota ABM. Seminar ini dihadiri oleh hampir 400 peserta tenaga kesehatan di seluruh dunia yang berprofesi sebagai dokter umum, dokter spesialis anak, dokter spesialis bedah, dokter spesialis THT, konsultan laktasi, dan juga mahasiswa kedokteran. Semua datang untuk mendapatkan ilmu dan mendukung pemberian ASI.

Narasumber yang membawakan materi hadir dari berbagai belahan dunia, termasuk dari Indonesia yaitu dr.Asti Praborini, Sp.A, IBCLC (Ketua Praborini Lactation Team) yang membawakan materi Hospitalization for Nipple Confusion : a Method to Restore Healthy Breastfeeding. Tidak hanya itu, Tim Laktasi Praborini juga menyajikan poster dengan judul Long Term Adoptive Breastfeeding on Induced Lactation, a Report of Five Cases.

Berikut ini adalah foto – foto kegiatan acara :

BANNER 728 x 90
Kegiatan diadakan di Intercontinental Mark Hopkins Hotel, San Fransisco. Hotel ini adalah hotel favorit mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama jika berkunjung ke San Fransisco
Berbagai materi dengan tema menarik dibawakan oleh nara sumber dan dihadiri oleh sekitar 400 peserta.
dr Dyah Febriyanti, IBCLC sedang berdiskusi dengan dr Allison mengenai Depresi Post Partum pada ibu menyusui.
Kegiatan Workshop Pemeriksaan Payudara, mempelajari cara melakukan pemeriksaan fisik kepada pasien laktasi.
dr. Asti Praborini SpA, IBCLC dan dr Dyah Febriyanti, IBCLC sedang mempresentasikan poster kepada peserta. Banyak dari peserta yang hadir membawa dan menggendong bayi mereka.
dr. Asti Praborini SpA, IBCLC sedang membawakan materi, para peserta antusias mendengar dan bertanya seputar proses relaktasi ini.
dr. Asti Praborini SpA, IBCLC mendapatkan penghargaan dan beasiswa dari Academy of Breastfeeding Medicine atas kerja keras dan presentasinya dalam bidang laktasi.
Berfoto dengan dr Bobby Ghaeheri ENT Laryngologist, seorang ahli THT dari Oregon, Amerika Serikat yang melakukan frenotomi kepada bayi dengan menggunakan laser.
Berfoto dengan DR Frank J Nice, RPH, CPA, CPHP seorang ahli farmakalogi, dimana kami berdiskusi tentang penggunaan Domperidon pada ibu menyusui yang menurutnya aman.
Berfoto dengan dr Roberto dari Brazil dan dr. Amal dari Mesir. Kami berdiskusi tentang kondisi menyusui di masing-masing negara.

Kegiatan ini sangat menyenangkan dan menambah pengetahuan kami.

Semoga bisa mengikuti acara berikutnya di tingkat dunia, dan berbagi ilmunya kepada para pasien kami di Indonesia.

Semangat mengASIhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.