Pelatihan Materi Laktasi untuk Staff Perawat dan Bidan RS Puri Cinere

Oleh : drg. Danar Sekartaji

Salah satu dari “10 Langkah Keberhasilan Menyusui” yang dicanangkan oleh WHO adalah dengan memberikan pelatihan kepada petugas tenaga kesehatan mengenai laktasi agar dapat diterapkan pada fasilitas layanan kesehatan. Rumah Sakit Puri Cinere mewujudkan langkah tersebut dengan memberikan pelatihan kepada perawat-perawatnya sehingga pelayanan kesehatan di RS Puri Cinere khususnya dalam manajemen laktasi dapat lebih maksimal.

 

Pelatihan yang berisi materi mengenai ilmu laktasi diadakan dua kali yaitu pada hari Jumat, 2 November 2018 dan Senin, 12 November 2018. Materi yang disampaikan adalah “Mengapa ASI Penting dan Usaha Untuk Mengembalikan Bayi ke Payudara Ibu”, “Anatomi dan Fisiologi Menyusui”, dan “Penerapan 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui”.

 

Pelatihan pada hari Jumat, 2 November 2018 diadakan di Ruang Serbaguna Lantai 2 RS Puri Cinere. Materi disampaikan oleh dr. Asti Praborini Sp.A IBCLC, dr. Ratih Ayu Wulandari IBCLC, dan drg. Danar Sekartaji. Pelatihan pada hari Senin, 12 November 2018 diadakan di Ruang Komite Medik Lantai 2 RS Puri Cinere yang materinya disampaikan oleh dr. Asti Praborini Sp.A IBCLC, dr. Ika Nurillah Satriana, dan drg. Retno Anggraeni. Kedua acara berlangsung lancar, para peserta antusias menyimak setiap materi yang disampaikan.

 

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan pemahaman setiap tenaga medis di RS Puri Cinere mengenai laktasi menjadi lebih luas dan mumpuni sehingga setiap Ibu menyusui yang berobat dapat lebih terbantu dan tidak perlu khawatir untuk dapat menyusui anak-anaknya.

BANNER 728 x 90

 

dr. Asti Praborini Sp.A IBCLC sedang menyampaikan materi “Mengapa ASI Penting? Dan Usaha Mengembalikan Bayi ke Payudara”

 

drg. Danar Sekartaji memberikan materi mengenai “Anatomi dan Fisiologi Menyusui”

 

dr. Ratih Ayu Wulandari sedang menyampaikan materi “10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui”

 

dr. Asti Praborini Sp.A IBCLC pada IHT gelombang 2 tanggal 12 November 2018

 

drg. Retno Anggraeni memaparkan materi mengenai “Anatomi dan Fisiologi Menyusui”

 

dr. Ika Nurillah menunjukkan video IMD saat persalinan normal

Leave a Reply

Your email address will not be published.