Kegiatan Praborini Lactation Team Rs.Syarif Hidayatullah dalam mendukung “Peningkatan Cakupan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan Asi Eksklusif” di Kota Tangerang Selatan

Oleh dr.Annisa Putri, CIMI

Pada tanggal 19 September 2018 tepatnya di hari Rabu pagi yang cerah bertempat di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Serpong, diadakan Seminar dengan tema “Peran RSUD, Rs.Swasta dan Bidan Praktek Swasta(BPS) dalam Peningkatan Cakupan IMD dan Asi Eksklusif di Kota Tangerang Selatan”.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Seksi Gizi Bidang Kesehatan Masyarakat dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan ini dihadiri oleh 3 narasumber diantaranya dr.Asti Praborini, Sp.A, IBCLC (Ketua Praborini Lactation Team), Mia Sutanto, SH, LLM (Pendiri dan badan pengawas AIMI) dan dr.Amalia Pane, Sp.OG, IBCLC. Seminar ini dihadiri oleh hampir 150 peserta tenaga kesehatan di Wilayah Kota Tangerang Selatan.


Gambar 1. Dari kiri ke kanan :
Dr.Rita Juliati-Ibu Iin Sofiawati-Mia Sutanto, SH, LLM-dr.Asti Praborini, Sp.A, IBCLC

Seminar dibuka oleh moderator dr.Rita Juliati yang saat ini merupakan staf Gizi Dinas kesehatan Kota Tangerang Selatan dan pemajatan doa, dilanjutkan sambutan dari Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kota Tangerang Selatan Ibu Iin Sofiawati. Beliau mengutarakan bahwa pentingnya persiapan anak sejak dini yang terencana, tepat, intensif dan berkesinambungan juga merupakan hak setiap anak untuk mendapat makanan terbaik sampai usia 2 tahun. Inisiasi Menyusu Dini (IMD), asi ekslusif, adalah proses yang wajib diterapkan sebagai bagian dari strategi PMBA (Pelatihan Pemberian Makan Bayi dan Anak). Adanya Peraturan Pemerintah no.33 tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Ekslusif yang salah satunya bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak anak untuk mendapatkan Asi Ekslusif. Bagian lain yang disebut dalam PP ini yaitu pasal 9 ayat 1 adalah tenaga kesehatan dan penyelenggara fasilitas kesehatan wajib melakukan IMD terhadap bayi yang baru lahir kepada ibunya paling singkat selama 1 (satu) jam. Maka dari itu tenaga kesehatan berperan penting juga perlunya dibekali dengan pengetahuan yang cukup.
Narasumber pertama yaitu dr.Asti Praborini, Sp.A, IBCLC meyampaikan materi “Mengapa ASI penting?” serta penayangan video IMD pada persalinan sectio caesaria, dilanjutkan presentasi laktasi Rs.Syarif Hidayatullah anggota dari Praborini Lactation Team diwakili oleh dr.Annisa Putri, CIMI yang diberi kesempatan untuk memaparkan Klinik Laktasi dan menjelaskan “10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui”. Rs.Syarif Hidayatullah dipilih karena merupakan RS sayang bayi yang telah menjalankan 10 LMKM tersebut.


Gambar 2. Dr.Asti Praborini, Sp.A, IBCLC sedang menyapaikan materi
“Mengapa Asi Penting”

Selanjutnya Narasumber kedua yaitu Mia Sutanto, SH, LLM yang memberikan materi tentang Perlindungan Hukum atas pemberian ASI eksklusif. Narasumber terakhir dr.Amalia Pane, Sp.Og, IBCLC mengantarkan materi “Inisiasi Menyusu Dini” secara lengkap dan detail.


Gambar 3. Mia Sutanto, SH, LLM sedang memberikan materi tentang Perlindungan Hukum Atas Pemberian ASI eksklusif

 


Gambar 3. Dr.Amalia Pane, Sp.Og, IBCLC mengantarkan materi “Inisiasi Menyusu Dini”


Gambar 4. Para peserta Tenaga Kesehatan di Kota Tangerang Selatan

Antusiasme peserta terhadap seminar ini sangat luar biasa dilihat dari begitu banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber mengenai IMD dan pertanyaan seputar ASI lainnya. Di akhir acara seluruh peserta dan narasumber menyempatkan diri berfoto bersama.
Sekian ulasan kegiatan Praborini Lactation Team Rs.Syarif Hidayatullah kali ini. Salam MENYUSUI..

BANNER 728 x 90

Leave a Reply

Your email address will not be published.