SEMINAR LAKTASI DI RS SYARIF HIDAYATULLAH TANGERANG, 12 AGUSTUS 2018

Ditulis oleh dr. Nurmila Sari

RS Syarif Hidayatullah (RSSH) merupakan RS rujukan untuk kasus laktasi di wilayah Tangerang. Dalam rangka memeringati “World Breastfeeding Week” tahun ini, RSSH menyelenggarakan seminar laktasi untuk masyarakat awam pada tanggal 12 Agustus 2018. Acara dibuka oleh Wakil Direktur RSSH yaitu dr. Happy Christina, MARS dan manager pelayanan medis dr. Yenny Very Handayani, MARS. Acara dipandu oleh dr. Meita Khairunisa sebagai moderator. Para pembicara seminar laktasi ini adalah : dr. Eva Jeumpa Sulaiman, Sp.A (K), dr. Hasra Depiesa Dianika, Sp.OG, dan dr. Anjar Setiani, Sp.A. Pada seminar laktasi kali ini dr. Eva Jeumpa Sulaiman, Sp.A(K) berbicara mengenai keajaiban menyusui, dr. Anjar Setiani, Sp.A berbagi mengenai cara agar bayi bingung puting bisa kembali menetek, sedangkan dr. Hasra Depiesa Dianika, Sp.OG menjelaskan tentang mempersiapkan generasi berkualitas sejak dalam kandungan. Kegiatan ini dihadiri oleh 62 peserta, terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui, pasangan suami istri calon ayah dan ibu. Acara berlangsung dengan baik pada pukul 08.00-13.00 wib.


Gambar 1. Dari kiri ke kanan : dr. Meita Khairunisa, dr. Hasra Depiesa Dianika, Sp.OG, dr. Anjar Setiani, Sp.A, dr. Happy Christina, MARS, dr. Eva Jeumpa Sulaiman, Sp.A(K), dr. Yenny Very Handayani, MARS

Topik pertama disampaikan oleh Dr. Eva Jeumpa Sulaiman, Sp.A (K). Beliau menjelaskan dengan sangat menarik mengenai bagaimana komposisi zat-zat yang terdapat dalam ASI (Air Susu Ibu), kegunaan ASI bagi ibu dan bayi, perbedaan menetek dengan pemberian ASI dengan media lain. Setelah mendengar penjelasan dr. Eva, Sp.A makin mantap nih moms untuk meneteki.


Gambar 2. Dr. Eva Jeumpa Sulaiman, Sp.A (K) sedang menjelaskan tentang “Keajaiban Menyusui”.

Ini sesi yang gak kalah seru moms, yaitu tentang “Mempersiapkan Generasi Berkualitas Sejak Dalam Kandungan” disampaikan oleh dr. Hasra Depiesa Dianika, Sp.OG. Setelah dengar penjelasan dr. Hasra, Sp.OG kita jadi tau moms komposisi zat gizi apa saja yang diperlukan saat hamil agar anak-anak kita berkualitas.


Gambar 3. Dr. Hasra Depiesa Dianika, Sp.OG sedang memberikan materi
Topik terakhir disampaikan oleh dr. Anjar Setiani, Sp.A tentang bagaimana bayi bingung puting bisa kembali menetek. Yuk, semangat yah moms yang ingin kembali meneteki. Moms pasti bisa! ASI yes!


Gambar 4. Dr. Anjar Setiani, SpA sedang menyemangati ibu-ibu untuk kembali meneteki bayinya.
Acara yang juga sangat dinantikan adalah lauching buku “Anti Stres Menyusui”. Buku ini ditulis oleh 2 orang konsultan laktasi internasional, yaitu dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC dan dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC. Di dalam buku ini moms bisa mengetahui segala sesuatu seputar menyusui, mulai dari sebelum menyusui sampai menyapih, dan mitos-mitos dalam menyusui. Dapatkan buku Anti Stres Menyusui di toko-toko buku terdekat ya moms.


Gambar 5. Ini nih moms para penulis buku Anti Stres Menyusui yang hebat. Mereka adalah dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC (kiri) dan dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC (kanan).


Gambar 6. Dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC sedang menjelaskan bahwa meneteki ternyata ada dalam kitab seluruh umat beragama loh moms. So, menyusui adalah perintah langsung dari Allah. Jadi masihkah moms ragu untuk meneteki?


Gambar 7. Antusiasme para peserta yang gak mau kehabisan buku Anti Stres Menyusui. Dapat tanda tangan langsung penulisnya loh moms. Selamat Membaca moms!


Gambar 8. Tim Laktasi RS Syarif Hidayatullah (dari kiri ke kanan) dr. Nurmila Sari, dr. Fiha Seratin, dr. Annisa Putri, dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC, dr. Anjar Setiani, SpA, dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC (anggota praborini lactation team), dan drg. Mirna.

Poli Laktasi kami buka setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00 – 16.00 dan Minggu pukul 08.00 – 12.00. Jangan ragu untuk mengunjungi poli laktasi kami jika ada masalah menyusui ya moms.
Bagian ini bikin deg-degan nih moms. Pengundian doorprize untuk para peserta. Moms yang datang paling awal dan yang bisa menjawab kuis diapresiasi dengan hadiah. Wah senangnya yah moms. Selamat moms untuk yang mendapatkan hadiah.

BANNER 728 x 90

Gambar 9. Penyerahan hadiah oleh dr. Anjar Setiani, SpA

Semoga acara ini bermanfaat yah moms. Sampai ketemu di acara-acara laktasi RS Syarif Hidayatullah selanjutnya. ASI Yes!

Leave a Reply

Your email address will not be published.