Laporan Kegiatan Oleh Tim Laktasi RS Syarif Hidayatullah

Ditulis oleh dr Anjar Setiani, Sp.A

Pada hari selasa tanggal 7 Agustus 2018 diadakan seminar untuk memperingati World Breastfeeding Week dengan tema “Bisakah Ibu Pekerja Tetap Memberikan ASI untuk Buah Hati Tercinta” yang dilakukan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Selatan.

Seminar dihadiri oleh petugas medis dan kader yang berada dalam jangkauan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Selatan. Seminar menghadirkan 2 orang pembicara yang ahli dalam bidang laktasi, yaitu dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC (Ketua Praborini Lactation Team) dan Nia Umar, IBCLC (Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia).

Dalam seminar tersebut, peserta banyak yang bertanya mengenai pemberian ASI saat ibu bekerja dan pertanyaan seputar ASI lainnya. Antusiasme peserta bertambah saat pembicara memutarkan video pemberian ASI dengan media, salah satunya dengan gelas.
RS Syarif Hidayatullah diberikan kesempatan untuk mempresentasikan poli laktasi yang disampaikan oleh dr. Fiha Seratin. RS Syarif Hidayatullah saat ini adalah satu-satunya RS di wilayah Tangerang Selatan yang memiliki tim laktasi dan dijadikan rujukan laktasi untuk wilayah Tangerang Selatan yang dapat membantu para orang tua khususnya ibu untuk memberikan ASI sampai usia 2 tahun dengan berbagai macam kesulitan dalam menyusui.

Tim laktasi RS Syarif Hidayatullah melayani pasien rawat jalan maupun rawat inap. Peserta antusias mengenai hal ini dan akan mempublikasikan kepada kerabat maupun pasien-pasien yang mereka bantu.
Dengan adanya seminar ini diharapkan para petugas medis dan kader mendukung program ASI eksklusif dan ASI 2 tahun serta mengajak para ibu untuk melakukan konseling laktasi baik dilakukan semasa hamil maupun setelah melahirkan.

BANNER 728 x 90

Seminar ini juga menunjukkan bahwa RS Syarif Hidayatullah dengan tim laktasinya menjadi rujukan laktasi wilayah Tangerang Selatan dan akan terus mendukung para ibu untuk menyusui anaknya hingga usia 2 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.