SEMINAR & WORKSHOP MPASI UNTUK AWAM RS PERMATA DEPOK “Bagaimana Membuat MPASI yang Baik dan Bergizi?”

Ditulis oleh : dr. Regia Puspa Astari, CIMI & dr. Shella Riana

 

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi dan diberikan eksklusif hingga usia 6 bulan.  Semakin besar dan semakin aktif bayi, ASI saja setelah 6 bulan tidak dapat lagi mencukupi kebutuhan bayi. Bayi membutuhkan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Mengoptimalkan kebutuhan gizi pada bayi sangatlah penting di 1000 hari kehidupan yaitu sejak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun. Dengan asupan gizi yang baik, anak diharapkan dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Sangatlah penting bagi orang tua, pengasuh anak dan juga tenaga kesehatan, untuk menggali ilmu mengenai pemberian MP-ASI yang baik dan bergizi untuk anak.

Pada tanggal 2 September 2018 yang lalu, RS Permata Depok Mengadakan seminar dan workshop awam, yang bertajuk ““BAGAIMANA MEMBUAT MP-ASI YANG BAIK DAN BERGIZI?”. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat menambah wawasan tentang manfaat pemberian makanan pendamping ASI yang baik dan benar, yakni sesuai dengan anjuran WHO (World Health Organization/Badan Kesehatan Internasional) dan prinsip 4 bintang.

Acara ini berjalan dengan konsep yang sangat menarik, diawali oleh paparan materi yang dibawakan oleh dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC dan dr Ratih Ayu Wulandari, IBCLC. Diikuti dengan testimonial pemberian MP-ASI pada ibu bekerja yang memiliki dua bayi kembar oleh Ibu Hawariyah, SKM. Kemudian acara dilanjutkan oleh demo masak bersama yang dilakukan oleh para peserta yang dibagi menjadi 5 kelompok dan difasilitasi oleh fasilitator yang handal dibidangnya, yakni tim dokter laktasi RS Permata Depok; dr. Shella Riana, dr. Viranda Putri Mariska, dr. Novita Adelina, dr. Ines Camilla Putri dan dr. Regia Puspa Astari, CIMI.

Acara yang dipandu oleh Ibu Marthia Larasati, ST, selaku Ketua AIMI Ranting Depok, dihadiri oleh 78 peserta. Peserta tidak hanya para ibu yang memiliki bayi, namun juga para ayah, pengasuh bayi, dokter spesialis anak, dokter umum, dan bidan. Para peserta tenaga medis yang hadir mengatakan, acara ini sangat bermanfaat untuk umum maupun untuk mereka yang bekerja di bidang kesehatan. Di era digital saat ini infomasi di internet maupun sosial media banyak yang tidak sesuai dengan prinsip MP-ASI WHO dan prinsip 4 bintang. Akibatnya, setelah memasuki usia MP-ASI, bayi terlihat kurus dan bahkan mengalami stunting karna mendapatkan MP-ASI yang tidak optimal.

BANNER 728 x 90

Foto bersama para peserta

 

Direktur RS Permata Depok, dr. Heldi Nazir, MARS memberi sambutan

 

dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC memberi paparan mengenai “Filosofi MPASI”

 

dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC memberi materi berjudul “MPASI yang baik, sesuai WHO dan 4 bintang”

 

Ibu Hawariyah, SKM sebagai testimonial pasien “Pemberian MPASI bayi kembar & Ibu bekerja”

 

Kelompok 1. dr. Shella Riana demo masak dengan tema Chinese food. Menu yang dimasak antara lain : Mie goreng telor & udang, Ayam asam manis, Capcay udang, dan Yogurt kiwi.

 

Kelompok 2. dr. Viranda Putri Mariska demo masak dengan tema Indonesian food. Menu yang dimasak antara lain : Bubur santan, ikan kembung pesmol, sayur bobor labu siem, perkedel daging, dan yogurt apel

 

Kelompok 3. dr. Novita Adelina. Demo masak dengan tema Western food. Menu yang dimasak antara lain: Mashed potato, Beef stroganoff, Ikan dori tempura saos lemon, dan Tumis brokoli tofu.

 

Kelompok 4. dr. Ines Camilla Putri demo masak dengan tema Indonesian food. Menu yang dimasak antara lain : Nasi santan, Sop ceker & ayam, Bacem ati ayam, Ayam asam manis, dan pisang goreng.

 

 

Kelompok 5. dr. Regia Puspa Astari, CIMI demo masak dengan tema Indonesian food. Menu yang dimasak antara lain: Nasi Kuning, Otak gulai brokoli, Bubur sumsum, dan Air kelapa kurma.

 

 

Foto 3 orang Pemenang pretest dan posttest, dan hadiah buku Anti Stres Menyusui yang di tulis oleh dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC, dan dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC.

 

Foto ketua tim Laktasi, fasilitator para tim dokter laktasi, MC, dan panitia seminar.

 

Foto para pemenang doorprize yang disponsori oleh Felancy, Wardah, Pok Ame Ame, Mamigaya, dan Minishop RS Permata Depok

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.